BERITA

on 14 Februari 2020
  • Kegiatan

Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone yang merupakan lokasi Desa Lebsite binaan DPMD Sulsel kembali mendapat kunjungan. Kali ini Tim Berau Sehat Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur yang melakukan Kaji Banding di Desa Poleonro. Tim Berau Sehat yang berjumlah 78 orang tersebut dipimpin langsung Bupati H. Muharram S.Pd. MM dan Ketua TP PKK Kabupaten Berau Sri Juniarsih Muharram didampingi sejumlah pengurus Tim Bone Sehat. Mereka diterima di Pusat Pengolahan Limbah Desa Poleonro, Kamis, 13/2/2020.

Kepala Desa Poleonro Hardi S.Sos saat menerima rombongan Tim Berau Sehat menjelaskan berbagai Program Kegiatan Sektor Kesehatan di desanya. "Desa Poleonro ini merupakan Lokus Gerakan Mencintai Lingkungan (Gemilang). Gerakan tersebut kami kolaborasikan dengan Program Kampung Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Alhamdulillah tiga tahun berturut turut mendapat apresiasi dari KLHK berupa tropi dan sertifikat Proklim Tingkat Nasional, yaitu Tahun 2017, 2018 dan 2019" jelasnya.

Kolaborasi dua kegiatan tersebut kata Hardi, didukung alokasi pendanaan dari Dana Desa yang tiap tahun mencapai ratusan juta rupiah. 

Bupati Berau H. Muharram menyatakan kagum atas suasana kebersihan di Desa Poleonro. "Kami sangat salut dengan suasana di sini. Hampir tidak ditemukan sampah berserakan di pekarangan rumah penduduk. Yang kami mau tahu apa kiat kiat Pak Kades dalam menggerakkan masyarakatnya" ujar mantan Ketua DPRD Kabupaten Berau ini. Dalam kunjungan tersebut Tim Berau Sehat menyaksikan proses pemilahan sampah plastik, pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak dan hasil hasil kerajinan dari limbah plastik, seta mengunjungi sekretariat Desa Sehat Desa Poleonro.

"Sangat banyak pengalaman berharga yang kami peroleh di Desa Poleonro ini yang bisa kami kembangkan di Berau," ujar Bupati H. Muharram..>Valnsky