BERITA

on 18 Juli 2021
  • Kegiatan

Makassar, 14 Juli 2021

Upaya Pemerintah Provinsi dalam mendukung program pemerintah yakni akselerasi percepatan pembangunan di desa melalui kerjasama antar desa serta pihak ketiga diimplementasikan dengan pelaksanaan worshop kerjasama pemerintah desa dengan pihak ketiga.  kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari  dengan menghadirkan narasumber dari  unsur Divre Bulog Sulselbar, Pegadaian Wilayah Sulsel, Commit Foundation dan PT Vale Indonesia Tbk, Tenaga Ahli Pendamping Desa Provinsi dan Konsultan Kawasan Perdesaan Kemendesa PDTT. Serta Akademisi dan Pemerhati Desa.

Peserta Workshop udangan melibatkan dari unsur teknis yang menangani Kerja Sama Desa di Dinas PMD Kabupaten, Kepala Desa, Pengelola Kelembagaan Ekonomi Desa di Kabupaten Takalar, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros.

Dalam sambutannya plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, M.M menekankan " Pada dasarnya belum ada desa yang dapat berdiri sendiri dalam memenuhi semua kebutuhan, baik kebutuhan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Betapapun besarnya pendapatan asli desa yang tersedia tidak akan mampu tertangani sendiri oleh desa tersebut, oleh karena itu setiap desa memerlukan kerjasama dengan desa atau pihak lain dalam memenuhi tugas dan kewajibannya. Dengan kesadaran ini, usaha-usaha kerjasama antar desa dengan desa lain atau pihak ketiga perlu semakin digalakkan dengan harapan kelemahan dari satu desa dapat dilengkapi oleh pihak lain. Dengan demikian masing-masing pihak dapat memberi dan mendapatkan keuntungan dari pihak lain, dengan tujuan utama memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.bahwa melakukan percepatan Dinas Pemmberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan"Membangun desa dengan pendekatan kawasan perlu kerjasama antar desa yang kokoh dalam kerangka seperti, memperbesar skala ekonomi usaha masyarakat, menguatkan posisi-tawar dan kapasitas masyarakat desa bekerja sama dengan pihak lain, menjaga keberlanjutan sumber daya alam dengan tetap memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat sesuai dengan potensi desa, menemukan desa titik tumbuh yang mempercepat kemajuan desa-desa dalam satu kawasan".

Pelaksanaan Workshop Kerjasama Pemerintah Desa Dengan Pihak Ketiga Dalam Pengembangan Usaha dan Kemitraan Tahun 2021 dilaksanakan di Hotel Aswin Jl. Gunung Latimojong Makassar pada tanggal 14 – 16 Juli 2021. create by Valnsky