Transformasi Limbah Plastik: Peluang Ekonomi dan Solusi Lingkungan melalui Bimtek

Makassar, 22 Mei 2024, Sampah plastik adalah salah satu masalah lingkungan terbesar di dunia saat ini. Plastik tidak terurai secara alami dan dapat bertahan di lingkungan selama ratusan tahun, menyebabkan polusi dan bahaya bagi satwa liar dan ekosistem,

Salah satu sumber Sampah plastik berasal dari rumah tangga, sehingga dibutuhkan berbagai upaya dalam penanganannya, Pemanfaatan limbah rumah tangga adalah merupakan cara yang efektif untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan keberlanjutan.

berbagai cara penangan danpengendalian dampak sampah berbahan plastik seperti proses daur ulang, sampah diolah menjadi pelet plastik yang bisa digunakan untuk membuat produk baru, namun tidak semua jenis platik dapat di daur ulang, selanjutnya Pengurangan Penggunaan Plastik, Penggunaan Kembali (Reuse), Upcycling mengubah plastik menjadi produk dengan nilai tambah, seperti perhiasan, aksesori, atau barang rumah tangga. Pengolahan Menjadi Bahan Bakar melalui pemanasan tanpa oksigen, pendidikan dan kesadaran Masyarakat dengan mengkanpanyekan tentang bahaya plastik.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, hari ini telah melakukan Bimbingan Teknis Pengelolaan Bahan Sampah Plastik menjadi barang berdayaguna dalam mendorong perekonomian masyarakat perdesaan. melalui kegiatan "Bimbingan Teknis Tekhnologi Tepat Guna Perdesaan". kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Jeneponto.dengan mengambil sasaran masyarakat miskin ektrem dengan merujukan pada data P3KE Tahun 2023 dengan jumlah pesrta sebanyak 20 (dua puluh) Orang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yakni tanggal 21-22 Mei 2024, di dukung Narasumber yang berasal dari Unsur DPMD kabupaten Jeneponto, Politeknik Negeri ATI Makassar dan Praktisi Limbah Plastik.

Bimbingan Teknis Teknologi Tepat Guna Perdesaan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Ekonomi Desa DPMD Prov. Sulsel, Dr. Hj. Asnani Mappa., SS dan ditutup oleh Plh. Kadis PMD Prov. Sulsel Dr. Jayadi Nas, S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya kabid Pembangunan dan ekonomi Desa menyampaikan bahwa Bimtek pengelolaan sampah plastik ini adalah salah satu kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mengelola sampah plastik secara efektif. serta mendorong penerapan teknologi dan inovasi dalam pengelolaan sampah plastik yang ramah lingkungan.

sama halnya Narasumber Dr. Eng.Ir. Abdul Nasser Arifin ST, MT menyampaikan dalam paparannya tentang Penanganan Limbah atau Sampah Botol Plastik yang dikelola dengan mesin pencacah untuk dijadikan bahan baku pembuatan aksesori ataupun kerajinan tangan khusus masyarakat pesisir.

"Keberlanjutan dari Kegiatan ini diharapkan para peserta mampu menciptakan produk produk kreatif dari limbah sampah plastik dan dapat memiliki nilai jual, sehingga membuka peluang bisnis baru dalam bidang daur ulang dan pengolahan limbah rumah tangga "imbuh Plh Kadis PMD Prov. Sulsel Dr.Jayadi Nas saat menutup kegiatan Bimtek Teknologi Tepat Guna Perdesaan,(Valnsky)

>