Optimalisasi Program Kerja PKK: Mewujudkan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Dalam rangka pemantapan program kerja TP PKK Prov. SulSel, maka TP PKK Prov. SulSel melaksanakan rapat Pengurus bersama OPD Pembina yang bersinergi dan mendukung program-program PKK. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu OPD Pembina yang program kegiatannya bersinergi dan mendukung TP PKK Prov. SulSel.

Rapat Pemantapan dipimpin langsung oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan Ibu Ninuk Triyanti Zudan. Dalam arahannya Ibu Pj Ketua menyampaikan bahwa peran TP PKK Provinsi adalah melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap pengurus dan kader PKK yang terdapat di kabupaten/kota sampai ke tingkat desa dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Pembinaan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan supervisi, monitoring, evaluasi dan pelaporan (SMEP) yang merupakan agenda rutin TP PKK Prov. SulSel. TP PKK Prov. SulSel hendaknya lebih banyak melakukan koordinasi dengan TP PKK Kabupaten/Kota, dan juga membangun mitra bersama stakeholder terkait. Ibu Pj Ketua juga menyampaikan apresiasi kepada OPD yang telah bersinergi dalam mensukseskan program dan kegiatan TP PKK Prov. SulSel termasuk Dinas PMD Prov. SulSel.

Dalam rapat pemantapan tersebut, Plh. Kepala Dinas PMD Prov. SulSel Dr. Jayadi Nas menyampaikan program kegiatan Dinas PMD yang bersinergi dengan TP PKK Prov. SulSel. Kegiatan yang bersinergi dengan TP PKK Prov. SulSel antara lain dalam penanganan stunting dan gizi buruk, terdapat kegiatan bantuan makanan tambahan bagi Rumah Gizi PKK dan Posyandu. Selain pemberian makanan tambahan, ada pula pendampingan dan pembinaan bagi pengelola rumah gizi dan posyandu.

Dinas PMD juga memfasilitasi TP PKK Prov. SulSel dalam penyelenggaraan Pameran. Pada bulan Ramadhan yang lalu, telah dilaksanakan Pameran PKK dan Ramadhan Festive selama 7 (tujuh) hari yang memfasilitasi UMKM dan UP2K binaan TP PKK untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya kepada Masyarakat. Pameran berikutnya, Dinas PMD Prov. SulSel bersama TP PKK Prov. SulSel akan melaksanakan Pameran Gelari Pelangi yang melibatkan TP PKK 24 kabupaten/kota dalam memperkenalkan produk-produk UP2K dan UMKM binaan PKK, lokasi pameran di pusat perbelanjaan atau Mall agar jangkauan sosialisasi dan pemasarannya dapat lebih luas.

Untuk meningkatkan kapasitas pengurus TP PKK, Dinas PMD juga telah memfasilitasi peningkatan kapasitas 10 Program Pokok PKK bagi setiap Pokja. (Valnsky)


>