Bantuan Kemanusiaan Dinas PMD Prov. Sulsel

Sebelumnya dilaporkan, banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Luwu, Sulawesi Selatan pada Jumat (3/5) pukul 01.17 WITA. Sebanyak 13 Kecamatan  di Kabupaten Luwu terdampak antara lain Kecamatan Suli, Kecamatan Latimojong, Kecamatan Suli Barat, Kecamatan Ponrang Selatan, Kecamatan Ponrang, Kecamatan Bupon, Kecamatan Larompong, Kecamatan Larompong Selatan, Kecamatan Bajo, Kecamatan Bajo Barat, Kecamatan Kamanre, Kecamatan Belopa dan Kecamatan Belopa Utara. 

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu (5/5) pukul 15.00 WIB, sebanyak  3.479 KK terdampak. Sebanyak 115 jiwa mengungsi di beberapa lokasi antara lain Masjid Pajang 60 pengungsi, Masjid Malela 30 orang pengungsi, Masjid Cimpu 25 pengungsi, dan sebagian lainnya mengungsi di rumah kerabat. 

Kerugian materil terdata kaji cepat antara lain sebanyak 211 unit rumah hanyut dan rusak berat, 3.268 rumah terendam. Beberapa pagar perkantoran rubuh antara lain pagar kantor KUA Kecamatan Suli, pagar SDN Lindajang di Kecamatan Suli Barat, pagar SDN Kecamatan Suli, dan pagar MTs Suli di Kecamatan Suli. Beberapa jalan dan jembatan ikut terputus akibat tergerus banjir dan longsor.

BPBD Kabupaten Luwu, BPBD Provinsi Sulawesi Selatan dan tim gabungan hingga saat ini masih melakukan pendataan di lapangan serta evakuasi warga terdampak dan penyaluran bantuan logistik.

Bantuan Logistik saat ini berdatangan dari berbagai wilayah  baik dari dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan maupun dari luar sebagai salah satu upaya penagangan pasca bencana,serta Kepeduliaan terhadap kemanusiaan  

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu 08 Mei 2024, menyalurkan bantuan logistik ke lokasi terdampak yang ada di kabupaten Luwu. 

Bantuan Kemanusaiaan Berupa Pakaian dan Kebutuhan sehari hari di antar langsung ke Kabupaten Luwu oleh Tim Penyaluran Dinas PMD Prov. Sulsel. "

“Bantuan ini akan dibawa lamgsung kelolasi bencana Banjir dan longsor, dengan harapan semoga saudara saudara kita yang terdampak diringankan bebannya, ,” kata Pelaksana harian, Kepala Dinas PMD Sulsel Dr. Jayadi Nas Rabu (8/5) di Kantor Dinas PMD.Sulsel

Selanjutnya Logistik diserahkan oleh Plh. Kadis PMD Prov. Sulsel kepada tim yang dikoordinir Saudara Ariel Madris untuk disitribusikan ke Kab. Luwu. /Valnsky 

>