Percepatan Penegasan Batas Desa Di Wilayah Utara Sulawesi Selatan

Kabupaten Luwu, 19 Juni 2024,  Kegiatan percepatan penegasan batas desa yang melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota wilayah utara Sulawesi Selatan, yaitu Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Tana Toraja, dan Toraja Utara. Acara ini diadakan atas kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Luwu, dengan tujuan mempercepat proses penetapan batas desa yang diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan administrasi bagi masyarakat setempat..Pembukaan Temu Kerja ini  secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Luwu, Drs, H, Muh, Saleh, M.Si yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya percepatan penegasan batas desa sebagai langkah strategis untuk mendorong pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

"Kami sangat mendukung inisiatif percepatan penegasan batas desa ini. Dengan adanya batas desa yang jelas, tidak hanya memberikan kepastian hukum, tetapi juga membantu dalam perencanaan pembangunan dan alokasi anggaran yang lebih tepat sasaran," ujar Pj Bupati.

Fokus Kegiatan ini mencakup beberapa fokus utama, antara lain: : Penetapan Batas Desa: melakukan verifikasi dan validasi terhadap peta batas desa yang telah ada, serta menyelesaikan sengketa batas yang mungkin terjadi, pengelolaan dan memanfaatkan data batas desa dengan baik, Manfaat dan Dampak Positif dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan dapat tercapai beberapa manfaat dan dampak positif, di antaranya:memudahkan dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan kepada masyarakat, ,Mengurangi potensi sengketa antar desa yang sering kali menjadi sumber konflik. merencanakan dan melaksanakan pembangunan yang tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing desa.

Acara percepatan penegasan batas desa ini merupakan langkah penting dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah utara Sulawesi Selatan. khusunya region Utara Dengan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan proses ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh pihak yang terlibat.

Pj Bupati Kabupaten Luwu menutup sambutannya dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain dalam melaksanakan percepatan pengegasan batas desa. "Semoga upaya kita bersama ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menjadi inspirasi bagi daerah lain di Sulawesi Selatan," tutupnya//Valnsky

>